Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo Pengadilan Negeri Raba Bima Kelas IB

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Raba Bima Kelas IB

Jalan Soekarno Hatta No. 161 Kota Bima. Telepon (0374) 43202 Fax (0374) 43202

e-Mail : infopnbima@gmail.com / info@pn-bima.go.id | Delegasi : delegasi@pn-bima.go.id

Sistem Informasi Pengawasan MA-RIAplikasi Skum OnlineAplikasi Info TilangAplikasi EraterangSistem Informasi Penelusuran Perkara


Logo Artikel

PENANDATANGANAN MOU POSBAKUM 2020

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Posbakum dengan PN Raba Bima TA. 2020

POSBAKUM1

Senin, 20Januari 2020 pukul 14.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Pengadilan Negeri Raba Bima Kelas IB telah dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Lembaga Konsultasi dan Mediasi Masyarakat Bima (LBH KSATRIA) dengan Pengadilan Negeri Raba Bima Kelas IB tentang Penyediaan Pemberi Bantuan Hukum di Pos Bantuan Hukum Pengadilan Negeri Raba Bima Kelas IB. Perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani langsung oleh YM. Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima Bapak Harris Tewa, SH., MH. selaku Pihak Pertama dan Pimpinan LBH Ksatria Bapak Sumantri DJ, S.H., selaku Pihak Kedua.

Hadir pula sebagai Saksi dalam Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Posbakum tersebut adalah Panitera Pengadilan Negeri Raba Bima Kelas IB Ibu Endang Hartuti Wati, S.H., Sekretaris Bapak H. Yusuf, S.H. dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tatalaksana Bapak Drs. Saiful, S.H.

POSBAKUM2

Pos Bantuan Hukum sendiri merupakan ruang yang telah disediakan oleh Pengadilan Negeri Raba Bima Kelas IB bagi pemberi bantuan hukum dalam rangka memberikan bantuan hukum kepada pemohon bantuan hukum yang mempunyai tugas pokok sebagai Pemberian layanan hukum berupa informasi, konsultasi, advis dan pembuatan dokumen sesuai dengan Perma Nomor 1 Tahun 2014. Didalam ruang Posbakum tersebut terdapat Petugas pemberi bantuan hukum yang bertugas berdasarkan ketentuan yang telah diatur dalam perjanjian kerjasama kelembagaan Pengadilan Negeri Raba Bima Kelas IB dengan Lembaga Penyedia Bantuan Hukum.

Perjanjian kerjasama tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan hukum di Pos Bantuan Hukum pada Pengadilan Negeri Raba Bima Kelas IB sebagai bagian dari penyelenggaraan dan penggunaan anggaran bantuan hukum di lingkungan peradilan umum, yang bertanggungjawab, berkualitas dan terkoordinasi, demi sebesar-besarnya pencapaian rasa keadilan.

Pelayanan Bantuan Hukum sendiri didasarkan pada prinsip keadilan, non diskriminasi, keterbukaan, akuntabilitas, kepekaan gender, perlindungan bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan, serta perlindungan khusus bagi kelompok penyandang disabilitas dan perlindungan anak.

LBH Ksatria sendiri dipilih dengan mekanisme Pengadaan Langsung yang telah diadakan oleh Pejabat Pengadaan Pengadilan Negeri Raba Bima Bapak Drs. Saiful, S.H.
(Humas)

POSBAKUM3

Dengan motto "BISA" Bersama, Inspirasi, Solusi, Amanah Pengadilan Negeri Bima selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kepuasan para pencari keadilan dalam rangka mewujudkan badan peradilan yang agung.

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas

Dengan motto "BISA" Bersama, Inspirasi, Solusi, Amanah Pengadilan Negeri Bima selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan kepuasan para pencari keadilan dalam rangka mewujudkan badan peradilan yang agung.